Sosialisasi Penerimaan Proposal Pengabdian Batch II


Berdasarkan Surat dari Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 3092/E3.3/PM/2018 tertanggal 5 Oktober 2018, bahwa dalam rangka meningkatkan partisipasi dosen tetap Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam pengabdian kepada masyarakat, maka Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi telah membuka Penerimaan Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat untuk Pendanaan Tahun 2019 Gelombang II mulai tanggal 8 sampai dengan 22 Oktober 2018.  Proposal yang akan diterima merupakan proposal baru, bukan proposal lanjutan. Pada kesempatan kali ini, penerimaan proposal juga dibuka untuk skema Desentralisasi Pengabdian kepada Masyarakat, yaitu Skema Program Pemberdayaan Masyarakat Unggulan Perguruan Tinggi (PPMUPT). Untuk dapat mengusulkan Skema PPMUPT, operator LPM Perguruan Tinggi diharuskan mengentri Bidang Unggulan Perguruan Tinggi dan Topik Unggulan Perguruan Tinggi sebagaimana tercantum pada Rencana Strategis Pengabdian kepada Masyarakat masing-masing Perguruan Tinggi melalui Simblitabmas.

Skema Pengabdian Kepada Masyarakat kategori Kompetitif Nasional yang ditawarkan pada Penerimaan Proposal Pengabdian Tahap II, yaitu : 1) Program Kemitraan Masyarakat (PKM); 2) Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS); 3) Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK); 4) Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD); 5) Program Pengembangan Unit Produk Intelektual Kampus (PPUPIK); 6) Program Kemitraan Wilayah (PKW); 7) Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM); 8)Program Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM); dan 8) Program Pemberdayaan Masyarakat Unggulan Perguruan Tinggi (PPMUPT).

Berkaitan dengan hal tersebut, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta bekerja sama dengan Sekretariat Universitas Proklamasi 45 Yogyakart menyelenggarakan sebuah forum untuk melakukan sosialisasi penerimaan proposal tersebut di atas. Sosialisasi tersebut diselenggarakan pada Hari Jumat, 12 Oktober 2018, mulai Pukul 14.00 s.d. Pukul 15.30 WIB dan dihadiri oleh 22(dua puluh dua) dosen di lingkungan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Dalam acara sosialisasi tersebut dihadirkan 2 (dua) narasumber : 1) Drs. Jemadi, M.M. (perihal teknis pengajuan proposal pengabdian); dan 2 ) Yanis Setiawan, S.P. (perihal pengolahan kelapa terpadu).

Dari kedua materi tersebut di atas, diharapkan para dosen memahami bagaimana teknis pengajuan proposal pengabdian, dan dapat menuangkan ide tema proposal setelah mendapatkan gambaran dari penjelasan pengolahan kelapa terpadu.