Pelaksanaan Monev Internal Penelitian Dosen UP45 Tahun Anggaran 2018


 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Internal terhadap Penelitian dan Pengabdian dari Dosen di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Monev Internal tersebut diselenggarakan 2 (dua) tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada Hari Senin, 08 Oktober 2018 Pukul 08.00 WIB-18.00 WIB, sedangkan tahap kedua dilaksanakan pada Hari Rabu, 17 Oktober 2018. Keduanya dilaksanakan di Ruang Pertemuan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta.

Monev Internal tahap pertama merupakan Monev Internal terhadap penelitian yang diikuti oleh 17 peserta, dengan rincian 1 orang reviewer, 13 orang peneliti, 2 orang dari LPPM UP45,  1 orang merupakan bagian dari tim peneliti. Reviewer pada Monev Internal tahap satu adalah Dr. Bambang Jatmiko, M.Si. dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Sedangkan para peneliti dapat diuraikan sebagai berikut :

Monev Internal tahap pertama ini berlangsung lancar, dan hasilnya para peneliti rata-rata telah menyelesaikan penelitian hampir 70% lebih, bahkan sudah ada yang sekitar 90% progresnya.

Monev Internal tahap kedua merupakan monev internal terhadap pengabdian, yang hanya diikuti oleh 3 orang peserta, dengan rincian 1 orang reviever dan 2 orang dari tim pengabdi. Reviewer monev internal pengabdian yaitu Dr. Bening Hadilinatih, M.Si. dari Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, sedangkan pengabdi yaitu Enda Apriani, S.T., M.Eng dan Aisiyah Indah Irmaya, S.T., M.Eng., dengan judul “Inovasi Teknologi Pengolahan Pempek Sebagai Produk Unggulan Provinsi Sumatera Selatan”. Pengabdian ini merupakan pengabdian dengan skema Program Penerapan Teknologi Tepat Guna Kepada Masyarakat, dengan anggaran Tahun 2018.

Monev Internal tahap kedua juga berjalan dengan lancar. Progress pengabdian yang dilakukan oleh Pengabdi juga sudah di atas rata-rata, hanya ada beberapa revisi terkait perbaikan kesimpulan dan saran.

Harapannya, semoga kedepan kegiatan penelitian dan pengabdian Dosen di lingkungan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta bisa semakin baik dan meningkat baik dari kualitas maupun kuantitasnya.